JURUSANKAMPUS

Jurusan SBMPTN Soshum

Tahukah anda jika soshum merupakan singkatan dari sosial dan humaniora? Soshum ini adalah kelompok jurusan atau program studi untuk siswa SMA sederajat yang memiliki jurusan IPS. Nah, apa sajakah jurusan atau program studi SBMPTN soshum?

Kelompok soshum merupakan bidang yang mempelajari nilai-nilai humanisme yang berkaitan dengan ilmu sosial. Namun ada juga yang memiliki kategori npn-sosial seperti bahasa dan sastra. Jadi, jurusan SBMPTN soshum itu apa saja sih?

Dalam kelompok soshum, anda akan mempelajari ilmu sosial serta pemahaman mengenai manusia. Apakah anda tertarik berkuliah dengan memilih jurusan atau program studi soshum ini? Berikut adalah pembahasan rinci mengenai jurusan SBMPTN soshum.

Daftar Jurusan SBMPTN Soshum

Apa Itu Soshum?

Soshum merupakan singkatan dari sosial dan humaniora. Kelompok soshum ini erat kaitannya dengan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Maka tak heran jika siswa yang di sekolah memiliki jurusan IPS akan mengambil jurusan soshum.

Namun, jika jurusan anda di sekolah adalah IPA anda tetap diperbolehkan memilih jurusan SBMPTN soshum dengan memilih kelompok campuran yakni Saintek dan Soshum.

15 Daftar Jurusan SBMPTN Soshum

Anda telah mengetahui apa itu soshum, jadi alangkah lebih baik jika anda mengetahui daftar jurusan SBMPTN soshum. Berikut adalah jurusan-jurusan atau program studi yang berada dalam kelompok soshum, diantaranya yaitu:

  1. Manajemen

Jurusan manajemen ini merupakan kelompok soshum yang termasuk dalam studi interdisipliner. Studi interdisipliner ini mengenai pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah agar tercapai sebuah tujuan.

Jurusan manajemen ini adalah jurusan yang banyak disukai oleh orang-orang yang berkeinginan untuk menjadi pebisnis sejati.

  1. Hubungan Internasional

Jurusan hubungan internasional merupakan salah satu jurusan yang bergengsi. Pada jurusan ini, anda akan belajar banyak hal diantaranya adalah ekonomi luar negeri, politik luar negeri, kajian sosial, diplomasi, interaksi antar negara, dan masih banyak yang lainnya.

  1. Sastra

Jurusan sastra ini cocok bagi anda yang menyukai karya-karya sastra karena pada jurusan ini anda akan belajar cara menyelidiki karya-karya sastra secara ilmiah. Penyelidikan karya sastra tersebut dengan berbagai masalah dan gejala sastra. Menarik bukan?

  1. Ilmu Ekonomi

Jurusan ilmu ekonomi adalah jurusan yang mempelajari tentang berbagai macam tingkah laku manusia dalam menciptakan kemakmuran. Terdapat 3 (tiga) kelompok ilmu ekonomi, yaitu Economics Theory atau ilmu ekonomi teori, Applied Economics atau ilmu ekonomi terapan, serta Descriptive Economic atau ilmu ekonomi deskriptif.

  1. Ilmu Komunikasi

Jurusan ilmu komunikasi adalah jurusan soshum yang akan mempelajari tentang bagaimana cara manusia berkomunikasi dan berinteraksi dengan bahasa yang sopan baik secara verbal maupun nonverbal. Jika anda memilih jurusan ini maka anda akan mengetahui jika komunikasi yang baik harus bersifat artikulatif dan persuasif.

  1. Ilmu Politik

Jurusan SBMPTN soshum selanjutnya adalah ilmu politik. Pada jurusan ilmu politik ini anda akan belajar mengenai antropologi, Hak Asasi Manusia (HAM), sosiologi, maupun sistem politik baik dalam negeri maupun luar negeri.

  1. Hukum

Jurusan ilmu hukum termasuk kedalam jurusan soshum. Pada jurusan ilmu hukum ini anda akan belajar mengenai hal-hal yang berkaitan dengan hukum baik teori maupun praktek.

  1. Akuntansi

Jurusan akuntansi merupakan jurusan yang akan mempelajari cara memelihara keuangan. Tak hanya itu, jika anda berkuliah di jurusan ini maka anda juga akan belajar mengenai penganggaran, pelaporan, audit, hingga perpajakan.

  1. Filsafat

Jurusan filsafat ini sangat menarik karena filsafat sendiri dikenal sebagai induk dari segala ilmu. Pada jurusan filsafat maka anda akan belajar tentang permasalahan mendasar manusia dan hubungannya dengan realita yang meliputi esensi manusia, nurani, tujuan hidup, moralitas, dan lain sebagainya.

  1. Psikologi

Pada jurusan psikologi ini anda akan belajar mengenai perilaku, pikiran hingga mental manusia. Tak hanya itu,di jurusan psikologi ini anda juga belajar mengenai alur pemikiran, motif perilaku, serta tindakan baik masyarakat maupun individu yang meliputi pemikiran persepsi, hubungan interpersonal, hingga pengakuan kognitif.

  1. Sosiologi

Jurusan SBMPTN soshum selanjutnya adalah jurusan sosiologi. Pada jurusan sosiologi ini anda akan mempelajari tentang interaksi dalam masyarakat dengan cara menganalisa penyebab perubahan situasi masyarakat serta akibatnya lalu kemudian mencarikan solusi.

  1. Administrasi Bisnis

Jurusan administrasi bisnis ini secara umum akan mempelajari tentang administrasi. Lebih khususnya akan mempelajari cara mengelola sarana dan prasarana yang ada di kantor, mengelola informasi relevan, hingga memproses data.

  1. Penyiaran (Broadcasting)

jurusan penyiaran atau broadcasting ini merupakan jurusan yang mempelajari teori-teori penyiaran, proses produksi hingga kebijakan dan inovasi teknologi penyiaran, serta media penyiaran.

  1. Manajemen Produksi Media

Jurusan manajemen produksi media merupakan jurusan yang mempelajari banyak hal diantaranya adalah cara mengkoordinasikan kegiatan yang berhubungan dengan pengambilan keputusan proses produksi media.

  1. Peradilan Agama

Jurusan peradilan agama adalah jurusan yang mempelajari hukum islam serta implementasinya di masyarakat. Tak hanya itu, anda juga akan belajar mengenai hukum internasional, hukum waris, hukum pidana, hukum tata negara, dan hukum pidana.

Materi UTBK SBMPTN Soshum

  1. Geografi UTBK

Materi geografi UTBK diantaranya adalah dinamika planet bumi, dinamika atmosfer, dasar geografi, dinamika biosfer, dinamika hidrosfer, mitigasi bencana, konsep wilayah dan tata ruang, sumber daya alam Indonesia, dan masih banyak yang lainnya.

  1. Sosiologi UTBK

Materi sosiologi UTBK diantaranya adalah struktur sosial dan diferensiasi sosial, definisi dan ciri sosiologi, nilai dan norma, konflik dan integrasi sosial, kebudayaan, gender, perspektif sosiologi, modernisasi dan globalisasi, perubahan sosial, dan lain sebagainya.

  1. Ekonomi UTBK

Materi ekonomi UTBK diantaranya adalah akuntansi perusahaan jasa, permintaan dan penawaran, mikroekonomi, makroekonomi, serta pengantar dan konsep dasar ekonomi.

  1. Sejarah UTBK

Materi sejarah UTBK diantaranya adalah peradaban Hindu Budha nusantara, peradaban Islam nusantara, perjuangan dan pergerakan nasional Indonesia, pengantar ilmu sejarah, nusantara masa kolonial VOC, manusia nusantara masa pra-aksara, proklamasi kemerdekaan Indonesia, revolusi besar dunia, dan masih banyak yang lainnya.

Itulah informasi lengkap mengenai jurusan SBMPTN soshum yang telah dibahas secara rinci sehingga dapat menjadi sumber informasi serta membantu anda yang ingin berhasil dalam tes masuk perguruan tinggi ini. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda.

 

Back to top button