TIPS

Tips Parafrase agar Tidak Plagiat

Sebagai mahasiswa anda pasti sering mendapatkan tugas untuk menulis makalah, paper, laporan penelitian, bahkan tugas akhir ataupun skripsi. Ketika anda menulis tugas tersebut tentu saja anda membutuhkan sumber atau referensi dari penelitian sebelumnya sehingga anda harus melakukan parafrase agar tidak terindikasi plagiat. Bagaimana tips parafrase agar tidak plagiat dalam tulisan anda?

Dalam dunia kepenulisan suatu karya, keaslian tulisan itu sangat penting dan sangat dijunjung tinggi. Oleh sebab itu, tulisan-tulisan anda sebaiknya diparafrase agar tidak terindeks plagiat.

Saat ini, perguruan tinggi telah memiliki standar validasi untuk mengecek karya ilmiah anda apakah terindeks plagiat atau bebas plagiat. Sebenarnya anda dapat mengutip ide dari para peneliti atau penulis. Akan tetapi, sebaiknya anda tidak melakukan hal tersebut terlalu sering. Oleh karena itu, anda harus memparafrase tulisan anda.

Eits.. jika anda belum terbiasa melakukan parafrase maka anda wajib mengetahui cara membuat parafrase yang baik dan benar. Nah, bagaimana tips parafrase agar tidak plagiat dalam tulisan anda? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

4 Tips Parafrase agar Tidak Plagiat 

Memahami Konsep Tulisan

Tips parafrase agar tidak plagiat yang pertama adalah memahami konsep tulisan. Ketika anda memulai parafrase maka hal yang harus anda perhatikan pertama kali yaitu memahami konsep maupun struktur kalimat yang akan anda parafrase. 

Memahami inti dari ide penulis asli merupakan kunci utama dalam melakukan parafrase. Jika dalam sekali membaca anda masih belum memahaminya maka anda dapat membacanya secara berulang-ulang. 

Dengan demikian, maka anda akan memahami gagasan yang disampaikan oleh penulis asli kemudian anda bisa menulis kembali dengan bahasa anda tetapi memiliki maksud yang sama. 

Memperbanyak Istilah dan Kosakata

Tips parafrase agar tidak plagiat yang kedua yaitu memperbanyak istilah dan kosakata. Dalam parafrase artinya anda menceritakan ulang menggunakan bahasa anda sendiri. Nah, anda bisa menggunakan kata pengganti yang mempunyai makna serupa dengan kalimat aslinya.

Menulis Gagasan secara Ringkas

Tips parafrase agar tidak plagiat berikutnya adalah menulis gagasan secara ringkas. Sebelum anda melakukan parafrase maka anda pasti membaca kalimat asli terlebih dahulu, kan? Setelah membaca kalimat asli, anda bisa menulis ulang gagasan kuat yang anda tangkap dari bacaan tersebut secara ringkas. 

Perbanyak Pengetahuan dan Wawasan 

Tips parafrase agar tidak plagiat yang keempat yaitu perbanyak pengetahuan dan wawasan. 

Dalam melakukan parafrase, pengetahuan dan wawasan merupakan suatu keharusan karena anda akan lebih mudah dan cepat dalam memparafrase sebuah tulisan. 

Mengapa hal ini dapat terjadi? Apabila anda tidak dapat memahami topik maka anda akan mengalami kesulitan dalam memparafrase karena anda kekurangan ide. Jadi, anda harus banyak membaca baik dari buku, jurnal, laporan, berita, dan lain sebagainya agar pengetahuan dan wawasan anda semakin luas. 

Demikian 4 tips parafrase agar tidak plagiat. Semoga dapat menambah pengetahuan anda serta mempermudah anda dalam memparafrase setelah mengetahui tips-tips tersebut. Selain itu, anda harus sering berlatih memparafrase agar semakin terbiasa sehingga nantinya akan lebih mudah dalam memparafrase.

Check Also
Close
Back to top button