KAMPUS

15 Universitas Terbaik Di Indonesia 2022

Dapat berkuliah di 15 universitas terbaik di Indonesia 2022 merupakan impian banyak orang. Mungkin anda salah satu dari banyak orang yang ingin berkuliah di kampus-kampus terbaik tersebut.

Peringkat terbaik universitas-universitas di Indonesia ini akan selalu ter-update setiap tahunnya. Ada yang mempertahankan posisinya, ada yang turun juga ada yang naik.

Dengan adanya informasi mengenai 15 universitas terbaik di Indonesia 2022, anda dapat menjadikannya referensi atau rujukan untuk memilih mana universitas yang menduduki posisi 15 universitas terbaik di Indonesia 2022 ini.

Dalam pemeringkatan universitas terbaik terdapat beberapa cara yang dipakai, diantaranya adalah Webometrics dan AD Scientific Index.

Webometrics Ranking of World University diinisiasi oleh Cybermetrics Lab. Cybermetrics Lab merupakan kelompok riset bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas atau CSIS yakni badan riset publik di Spanyol. Tujuan adanya pemeringkatan ini adalah untuk mempromosikan open access pada pengetahuan yang dihasilkan universitas.

Berbeda dengan Webometrics, AD Scientific Index memilih ranking berdasarkan pada reputasi ilmuwan dari masing-masing universitas. Di organisasi pemeringkatan ini menggunakan total skor h-indeks untuk di Google Scholar untuk menyusun top 10 ribu serta 100 ribu akademisi dunia yang didasarkan pada ranking universitas.

Dari hasil pemeringkatan ini anda dapat melihat universitas mana yang perlu meningkatkan risetnya dan dampak regulasi penelitian di universitas tersebut. Kali ini kita akan membahas mengenai 15 universitas terbaik di Indonesia 2022 berdasarkan AD Scientific Index. Simak daftarnya berikut ini.

Daftar 15 Universitas Terbaik Di Indonesia 2022

  1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada atau lebih dikenal dengan UGM ini merupakan salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia. Kampus ini merupakan kampus idaman banyak dan terkenal memiliki sistem seleksi yang ketat. Universitas ini berlokasi di daerah Yogyakarta.

  1. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta atau biasa disebut UIN Jakarta ini adalah salah satu universitas negeri Islam yang ada di Indonesia. Kampus ini memiliki komitmen dalam menghasilkan penemuan-penemuan di berbagai bidang ilmu pengetahuan. Universitas ini berlokasi di daerah Tangerang Selatan.

  1. Universitas Indonesia

UI atau Universitas Indonesia merupakan kampus tertua yang ada di Indonesia. Universitas ini adalah kampus pertama yang menyelenggarakan Fakultas Kedokteran pertama di Indonesia. Kampus ini berlokasi di daerah Depok Jawa Barat.

  1. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran atau dikenal dengan Unpad terletak di daerah Jawa Barat. Kampus ini termasuk dalam jajaran kampus terfavorit bagi para calon mahasiswa. Banyak sekali mahasiswa yang ingin berkuliah di universitas negeri ini.

  1. Institut Teknologi Bandung

Sama halnya dengan Unpad, Institut Teknologi Bandung biasa disingkat menjadi ITB ini juga berlokasi di daerah Jawa Barat. Kampus ini merupakan sekolah tinggi teknik pertama yang ada di Indonesia. Kampus ini memiliki misi untuk memajukan Indonesia melalui pengabdian Ilmu pengetahuan dan teknologi.

  1. Universitas Diponegoro

Undip atau Universitas Diponegoro ini merupakan universitas yang terletak di daerah Semarang Jawa Tengah. Kampus ini memiliki 11 fakultas serta 2 sekolah. Undip juga memiliki 2 lokasi, yakni kampus utama di daerah Tembalang, dan kampus utama lainnya di daerah Pleburan.

  1. Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana ini merupakan universitas swasta yang yang terletak di daerah Jakarta. Kampus ini memiliki empat lokasi kampus yakni Kampus Meruya, Kampus Menteng, Kampus Warung Buncit, dan Kampus Kranggan. Meskipun kampus ini swasta namun dapat bersaing dengan kampus-kampus negeri lainnya.

  1. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya merupakan salah satu universitas swasta yang ada di Surabaya. Dalam proses belajar mengajar di kampus ini didasari oleh manajemen pendidikan tinggi yang profesional dalam mencapai kesejahteraan baik karyawan maupun mahasiswa dalam bidang jasmani serta rohani.

  1. Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta merupakan salah satu dari banyak universitas swasta yang ada di Jakarta. Kampus ini dikenal juga dengan sebutan Universitas merah putih Jakarta. Universitas 17 Agustus 1945 adalh suatu pendidikan tinggi yang memberi kontribusi dalam upaya mencerdaskan anak bangsa.

  1. Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor atau lebih dikenal dengan sebutan IPB adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di daerah Bogor Jawa Barat. Kampus ini juga masuk dalam jajaran kampus favorit calon mahasiswa di Indonesia. Kampus ini terbentuk dari lembaga-lembaga pendidikan menengah dan tinggi serta kedokteran hewan di Bogor.

  1. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya (UB) merupakan perguruan tinggi yang terletak di daerah Malang Jawa Timur. Kampus ini memiliki jalur masuk mandiri maupun seleksi nasional. Tingkat kesulitan masuk UB ini kompetitif dengan penerimaan maksimal 10% setiap tahunnya.

  1. Universitas Trisakti

Universitas Trisakti ini merupakan satu-satunya universitas yang didirikan oleh Republik Indonesia pada tahun 1965. Usakti ini adalah salah satu universitas swasta terbesar yang ada di Jakarta dengan mahasiswa aktif lebih dari 30.000 jiwa di 9 fakultas.

  1. Universitas Sebelas Maret Surakarta

Universitas Sebelas Maret Surakarta atau lebih dikenal dengan singkatan UNS ini terletak di daerah Solo Jawa Tengah. Universitas ini memiliki 11 fakultas dan 2 sekolah yaitu sekolah vokasi dan sekolah pascasarjana. Universitas Sebelas Maret Surakarta  ini berusaha membekali mahasiswa dengan keterampilan, teknologi, pengetahuan, serta seni.

  1. Universitas Islam Negeri Gunung Djati

Universitas Islam Negeri Gunung Djati atau dikenal dengan UIN Bandung merupakan universitas berbasis Islam. Kampus ini berlokasi di daerah Jawa Barat tepatnya kota Bandung. Universitas ini memiliki 9 fakultas, program magister, serta program doktor.

  1. Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara atau dikenal dengan nama USU ini terletak di Medan Sumatera Utara serta menjadi universitas terbesar di Sumatera Utara. Kampus ini memiliki banyak pilihan jurusan yang terbagi dalam beberapa fakultas. Kampus ini juga memiliki program sekolah pascasarjana.

Itulah daftar 15 universitas terbaik di Indonesia 2022. Apakah anda sudah menentukan dimana anda akan mendaftar dari 15 universitas tersebut? Semoga berhasil.

 

Back to top button